Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Links

Senin, 24 Januari 2011

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Senin, 24 Januari 2011
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Nama Sekolah           :
Kelas / Semester         : 3 / 1
Tema                          : Diri Sendiri
Waktu / Minggu        : 26 JP ( Mg – 1 )
Tahun Pelajaran       : 2009 / 2010

NO
Standar Kompetensi /
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Sumber Belajar
1.
PKn








1. Mengamalkan makna
    Sumpah Pemuda
1.1. Mengenal Makna
       satu nusa satu
       bangsa dan satu
       bahasa
1.1.1. Mengidentifikasi
Keragaman suku bangsa
1.1.2. Menjelaskan pentingnya
Makna Persatuan
-      Tanya jawban tentang keragaman suku bangsa dilingkungan sekitar
-      Mediskusikan tentang pentingnya persatuan dan ksesatuan
Penampilan:
Keberanian dalam  menjawab pertanyaan
2 jp
Buku Pkn kelas 3 yang relevan
2.
Bahasa Indonesia








1. Mendengarkan
    memahami penjelasan
    tentang petunjuk dan
    cerita anak yang
    dilisankan
1.1.  Melakukan sesuatu
Bedasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
1.1.1. Memberi petunjuk arah dari sekolah kerumah atasu tempat lain
Petunjuk arah
·         Tanya jawab tentang petunjuk arah
·         Menunjukan arah dari tempat duduk ke depan kelas
·         Menjelaskan arah dari rumah ke sekolah
Penampilan :
-       Ketepatan
-       Kelancaran
-       Keruntutan
1 jp
- Siswa
   langsung
- Petunjuk

2. Berbicara
    Mengungkapkan
    pikiran, perasaan,
    pengalaman, dan
    petunjuk dengan
    bercerita dan
    memberikan tangapan
    / saran
2.1. Menceritakan
      Pengalaman yang
      Mengesankan
      Dengan       
      menggunakan  
      kalimat yang 
      runtut dan mudah
      dipahami
2.1.1. Menceritakan perjalanan dari satu tempat ke  tempat lain berdasarkan denah
Menceritakan tempat bedarasakan denah
·         Mengamati gambar denah sesuai arah
·         Menggambar denah dari rumah ke sekolah
·         Menceritakan perjalanan dari rumah sendiri ke sekolah
Penampilan :
-       Ketepatan
-       Kelancaran
-       Keruntuhan
2  jp
- Siswa
  langsung
- Gambar
   denah

3. Membaca
    Memahami teks
    dengan membaca
    nyaring, membaca
3.1. Membaca nyaring
       teks ( 12 – 25}
       kalimat dengan
       lafal dan
3.1.1. Membaca nyaring teks dengan lafal dan intonasi
Memahami teks dengan membaca nyaring
·         Mendengarkan contoh membaca oleh guru
·         Membaca nyaring
Penampilan :
- Ketapatan  
   lafal intonasi
- Kelancaran
1 jp
- Siswa
   langsung
- Buku
  pegangan



NO
Standar Kompetensi /
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Sumber Belajar

Intesif dan membaca dongeng
Intonasi yang tepat
Yang tepat

Dengan lafal intonasi yang tepat secara bergantian
·     Membaca pertanyaan bacaan dengan benar
·     Menjelaskan isi bacaan dengan huruf secara rapi
- Kebenaran
  Tes lisan

Siswa yang relevan

4. Menulis mengungkapkan pikran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraph dan puisi
4.1. Menyusun paragraph berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
4.1.1. Menyusun kalimat menggunakan kata-kata yang baru dikenal
Menyusun kalimat
·           Menyebutkan kata-kata yang baru dikenal
·           Melengkapi kata dalam kalimat
·           Menyusun kata-kata yang baru dikenal menjadi kalimat
·           Menyalin kalimat yang telah disusun dengan rapi
Hasil Karya
- Ketetapan
- Kerapian
- Keterbacaan
2  jp
- Kartu  
   kata
- Kalimat
3
Matematika








Bilangan
1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
1.1. Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
1.1.1. Membilang secara urut




1.1.2. Mengurutkan bilangan dan menentukan posisinya pada garis bilangan

1.1.3. Membandingkan bilangan
Operasi hitungan bilangan
-  Mengenal bilangan dengan membaca lambang bilangan dengan menggunakan alat / gambar kubus secara urut
-  Membuat garis bilangan secara urut dari terkecil sampai ke besar tepat di bawah titik


-  Membandingkan bilangan dengan “kurang dari” atau “lebih dari” dan “sama dengan” dengan tanda <,>,=
- Pengamatan
- Penugasan




- Penungasan
- Kecepatan,  
   ketetapan



Mengurutkan bilangan Penugasan
2 jp





2 jp



2 jp
- Gambar
   kubus
- Kartu   
   Angka


- Garis
   bilangan
- Kartu
  Angka
  Kartu   
  angka   
  Kartu
  tanda
  <,>,=
  Lembar   
  soal


NO
Standar Kompetensi /
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Sumber Belajar
4
IPA








1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempngaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.1. Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
1.1.1. Mengidentifikasi  
ciri-ciri makhluk hidup
Ciri dan kebutuhan makhluk hidup
-  Mengamati contoh makhluk hidup yang ditunjukan guru
-  Menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup berdasar pengamatan
Penampilan Kemampuan menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup
2 jp
Buku IPA kelas 3

1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perupahan pada makhluk hidup
1.1. Mengidentifikasi
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
1.1.2. Mengidentifikasi kebutuhan manusia untuk mempertahankan hidupnya
Ciri dan kebutuhan mahkluk hidup
-  Menyebutkan kebutuhan manusia berpengaruh terhadap hidupnya ( siswa itu sendiri)
Penampilan Kemampuan mengidentifikasi kebutuhan manusia
2 jp
Buku IPA kelas 3
5
IPS








Memahami lingkunagan dan melaksanakan kerjasama disekitar rumah dan sekolah
1.1. Menceritakan lingkungan alam dan buatan disekitar rumah dan sekolah
1.1.1. Menceritakan lingkungan alam dan buatan disekitar rumah sendiri
Lingkungan alam dan buatan
* Memperhatikan penjelasan tentang lingkungan alam dan buatan
*  Menyebabkan lingkungan alam dan buatan yang berbeda disekitar rumah masing-masing siswa
Tugas
2 jp
Lingkungan rumah
 -Buku- buku relevan
6.
Seni Budaya dan Keterampilan








2. Mengekspresikan dari   
    mulai karya seni rupa



2. Mengekspresikan dari  
    mulai karya seni rupa
2.1. Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri
2.1. Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif
2.1.1.Mengambar sesuai imajinasi siswa tentang diri sendiri
2.1.2.Mengambar sesuai imajinasi siswa tentang
Gambar imajinatif


Gambar imajinatif
-   Siswa menggambar sesuai dengan imajinasinya/bahasa (tentangnya, keluarga)
-   Siswa mengambar susuai dengan imajinasinya / bebas
Unjuk kerja



Unjuk kerja
2 jp



2 jp
Gambar siswa Guru

Gambar siswa Guru


NO
Standar Kompetensi /
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Sumber Belajar


Mengenal diri sendiri
Lingkungan diri sendiri

Tentang rumahnya, sekolanya



7.
Bahasa Jawa








1. Mendengarkan
1.1.  Mendengarkan dan memahami berita
1.1.1. Menulis pokok-pokok berita
Wacana berita
Membuat ringkasan isi berita
Tes lisan :
Lisan/uraian
2 jp
Buku teks / buku penunjang


            Mengetahui                                                                                                                                         ......................................................., ....................................... 2009
            Kepala Sekolah                                                                                                                                   Guru Kelas III



           
            ....................................                                                                                                                        ................................
            NIP ............................                                                                                                                                    NIP ........................                                                                                                                       

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Nama Sekolah           :
Kelas / Semester         : 3 / 1
Tema                          : Diri Sendiri
Waktu / Minggu        : 26 JP ( Mg – 2 )
Tahun Pelajaran       :

NO
Standar Kompetensi /
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Sumber Belajar
1.
Pkn








1. Mengamalkan makna  Sumpah Pemuda
1.1. Mengenal makna satu nusa satu bangsa dan satu bahsa
1.1.3. Mengidentifikasi
Keragaman
1.1.4. Mengidentifikasi
Adat istiadat di masayarakat sekitar
1.1.5. Menjelaskan cara menghargai keragaman yang ada
Makna Persatuan
-  Disediakan gambar keragaman budaya, siswa secara Mengidentifikasi keragaman budaya
-  Mengidentifikasi adat istiadat disekitar mesyarakat
-   Menjelaskan cara menghargai keragaman yang ada
Protofolio :
Kemampuan Mengidentifikasi keragaman budaya dan adat istiadat masayarakat sekitar
2 jp
Buku Pkn kelas 3 yang relevan Gambar keragaman budaya
2
Bahasa Indonesia








1. Mendengarkan memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
1.1. Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
1.1.2. Mendengarkan dan membuat denah berdasarkan petunjuka lisan
Membuat denah sesuai petunjuk
·       Mengamati gambar denah
·       Membuat denah berdasar petunuk lisan yang didengar
·       Membaca denah secara bergantian
Unjuk Kerja :
- Kebenaran
- Kesesuaian
- Kelancaran
2 jp
Lingkungan sekitar Buku yang relevan

2. Berbicara Mengungkapkan Pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan / saran
2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
2.1.2  Menceritakan pengalaman yang menarik didepan kelas
Cerita
·         Tanya jawab tentang pengalaman yang menarik
·         Menceritakan pengalaman yang menarik didepan kelas
·         Memberikan tanggapan terhadap cerita teman
Penampilan :
- Kebenaran
- Keruntutan
- Kesesuaian
1 jp
- Teks  
   bacaan
- Buku  
  yang    
  relevan



NO
Standar Kompetensi /
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Sumber Belajar

3. Membaca
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intesif dan membaca dongeng
3.1. Membaca nyaring teks (20 – 25) kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat
 3.1.2.  Membaca bacaan dan menyatakan pendapat / perasaan
Memahami teks bacaan
·     Membaca dalam hati / membaca nyaring teks bacaan
·     Menyampaikan pendapat / perasaan  terhadap isi teks
·     Menyimpulkan isi bacaan
Tes Lisan
1 jp
Teks bacaan

4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk paraga
4.1. Menyusun paragraph berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
  4.1.2. Menggunakan huruf capital secara tepat dalam kalimat
Penggunaan huruf acapital pada kalimat
·     Tanya jawab tentang teks yang telah dibaca
·     Mengamati contoh penggunaan huruf capital pada kalimat
·     Menulis kalimat dengan menggunakan huruf capital yang tepat
Hasil karya
- Ketetapan
- Kerapian
- Keterbacaan
- Keterbacaan

2 jp
- EYD
- Buku
  yang
  relavan
3.
Matematika








Bilangan
1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
1.1. Menentukan letak bilangan pada garis bilanganm
1.1.4. Menentukan sebuah bilangan yang terletak diantara dua bilangan

1.1.5. Menaksir
Bilangan yang ditentukan letaknya pada garis bilangan
Operasi hitung bilangan
-  Membuat garis bilangan yang sudah ditentukan bilangannya secara urut dari terkecil sampai ke besar tepat dibawah titik-titik yang telah dibuat
-  Menentukan bilangan yang terletak diantara dua bilangan ( contoh nomor rumah, nomor absent)
-  Menaksir dan menentukan letak bilangan pada garis bilangan
- Penugasan
- Kebenaran  
   membuat garis
   bilangan



Penugasan




- Penugasan
- Ketetapan
   menentukan
   bilangan pada
   garis bilangan
2 jp






2 jp




2jp
- Kartu
   angka
- Buku
   kerja    
   siswa


Kartu angka Buku kerja siswa

Kartu angka Buku kerja siswa


NO
Standar Kompetensi /
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Sumber Belajar
4.
IPA








1. Memahami ciri-ciri
dan kebutuhan makhuk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perupahan pada makhluk hidup
1.1.  Mengidentifikasi  ciri-ciri dan kebutuhan mekhluk hidup
1.1.3.Mengidentifikasi kebutuhan memepertahankan hidupnya
Ciri dan kebutuhan makhluk hidup
-   Menyebutkan kebutuhan
hewan yang berpengaruh terhadap hidupnya
Penampilan kemampuan mengidentifikasi kebutuhan hewan
2jp
Buku IPA kelas 3

1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.1.  Mengidentifikasi
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
1.1.4. Mengidentifikasi
Kebutuhan untuk mempertahankan hidupnya
Ciri dan kebutuhan makhluk hidup
-   Menyebutkan kebutuhan tumbuhan yang berpengaruh terhadap hidupnya
Penampilan kemampuan Mengidentifikasi kebutuhan tumbuhan
2 jp
Buku IPA kelas 3
5.
IPS








Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama disekitar rumah dan sekolah
1.1   Menceritakan lingkungan alam dan buatan disekitar rumah dan sekolah
1.1.2. Menceritakan lingkungan alam dan buatan disekitar sekolah sendiri
Lingkungan alam dan buatan
-   Menunjukan lingkungan alam dan buatan disekitar sekolah siswa
Pengamatan
2 JP
Lingkungan rumah buku-buku relevan
6
Seni Budaya dan Keterampilan








3. Mengapresiasikan karya seni musik
3.1.  Mengidentifikasi berbagai symbol dalam lagu sederhana
3.1.1. Menyebutkan berbagai symbol nada dalam lagu sederhana
3.1.2. Menulis symbol nada dalam lagu sederhana
Simbol nada
-  Siswa membaca notasi (nada) dalam lagu sederhana dengan benar

-  Siswa menuliskan notasi lagu sederhana dengan benar
Untuk kerja



Tes tertulis
2 jp



2 jp
Notasi lagu


Notasi lagu

           


NO
Standar Kompetensi /
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Sumber Belajar
7.
Bahasa Jawa








2. Berbicara
2.1.  Melakukan percakapan melalui telepon
2.1.1. Melakukan percakapan melalui telepon menggunakan kalimat yang ringkas, jelas dan mudah dimengerti
Teks percakapan telepon
Melakukan percakapan melalui telepon
Tes lisan :
Uraian
Non tes :
Unjuk kerja
2 jp
Buku tes / buku penunjang


            Mengetahui                                                                                                                                                                 ................................................, ....................... 2009
            Kepala Sekolah                                                                                                                                                           Guru Kelas III




            ................................                                                                                                                                                    ................................
            NIP ........................                                                                                                                                                    NIP ........................

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Nama Sekolah           :
Kelas / Semester         : 3 / 1
Tema                          : Diri Sendiri
Waktu / Minggu        : 26 JP ( Mg – 3 )
Tahun Pelajaran       :

NO
Standar Kompetensi /
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Sumber Belajar
1.
Pkn








1. Mengamalkan makna
    Sumpah Pemuda
1.1  Mengenal makna satu nusa satu bangsa dan satu bahasa
1.1.1.
1.1.2.
1.1.3.
1.1.4.
1.1.5.
Makna Persatuan
Evaluasi
Tes tertulis
2 jp
Buku Pkn kelas 3 yang relevan
2.
Bahasa Indonesia








1.  Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
1.1. Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
1.1.3. Bermain dengan menggunakan denah untuk mecari tempat tertentu sesuai petunjuk
Petunjuk dengan denah
·         Mengamati gambar denah
·         Mencari tempat tertentu dengan denah sesuai petunjuk melalui permainan
·         Menyimpulkan hasil permainan
Unjuk Kerja:
- Kebenaran
- Ketaatan
- Kelancaran
1 jp
Denah Siswa langsung

2.  Berbicara mengungkapkan, pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan / saran
2.1. Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtun dan mudah dipahamu
2.1.3. Melengkapi cerita dengan urutan yang logis dan bermakna
Melengkapi cerita
·         Mendengarkan cerita dari guru
·         Melengkapi cerita dengan urut dan logis
·         Menceritakan kembali cerita secara runtut
Tes lisan
1 jp
- Teks
   cerita /
   lisan    
   bacaan

3. Membaca
    Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intesif  dan membaca dongeng
3.1. Membaca nyaring teks ( 20-25 ) kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.1.3. Membacakan bacaan atau cerita untuk teman-teman
Membaca
·         Membacakan cerita atau teks bacaan di depan kelas
·         Tanya jawab isi cerita / bacaan
Penampilan
2 jp
Teks cerita
NO
Standar Kompetensi /
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Sumber Belajar





·   Menyimpulkan isi dan pembacaan cerita




4. Menulis
Mengungkapkan pikiran. Perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraph dan puisi
4.1. Menyusun
paragraph berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
4.1.3. Menyusun kartu-karu kalimat menjadi cerita sederhana
Menyusun kalimat
·   Menceritakan kembali cerita yang pernah didengar
·    Menyusun kalimat menjadi cerita sederhana secara runtut
·    Menuliskan cerita sederhana secara runtut dan rapi
Hasil Karya
- Kebenaran
- Kerapian
- Keruntutan
- Keterbacaan
2jp
- Kartu
   kalimat
- Buku
   yang
   relavan
3.
Matematika








Bilangan
1. Melakukan operasi
    hitung bilangan sampai
    tiga angka
1.1. Menentukan
       letak bilangan
       pada garis
       bilangn
1.1.6. Membilang loncat
          dua bilanag pada  
          garis bilangan

1.1.1. s.d. 1.1.6.
Evaluasi
Operasi hitung bilangan
- Menyebutkan bilangan
   pada garis bilangan
   loncat dua bilangan
   dengan tepat

- Mengerjakan soal
  evaluasi
- Perbaikan dan pengayaan
- Penguasaan
- Ketepatan  
   menyebutkan
   bilangan

Tes tertulis
Tes tertulis
Tes Lisan
2 jp




2 jp

2 jp
Kartu angka




Lembar soal  
 Buku
Kerja siswa
4
IPA








1. Memahami ciri-ciri
Dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.2. Mnggolongkan makhluk hidup secara sederhana
1.2.1. Mengidentifikasi
persamaan hewan dan tumbuhan
Ciri dan kebutuhan makhluk hidup
Mengidentifikasi persamaan hewan dan tumbuhan berdasar cirinya
Penampilan :
Ketetapan menyebutan persamaan hewan dan tumbuhan
2 jp
Buku IPA kelas 3

1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang memperngaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.2  Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
1.2.2. Menggolongkan
Hewan berdasar cirinya
Ciri dan kebutuhan makhluk hidup
Menggolongkan hewan berdasar cirinya
Penampilan Kemampuan menggolongkan hewan secara lisan
2 jp
Buku IPA kelas 3






NO
Standar Kompetensi /
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Sumber Belajar
5
IPS








Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama disekitar rumah dan sekolah
1.1.  Menceritakan lingkungan alam dan buatan disekitar rumah sekolah
Evualuasi 1.1.1.,1.1.2
Lingkungan alam dan buatan
Evualuasi 1.1.1. 1.1.2
Tes tertulis
2jp
-
6.
Seni Budaya dan Keterampilan








5. Mengapresisasikan
Karya seni tari
5.1.  Menjelaskan symbol dalam seni tari
  5.1.1. Membedakan gerak maknawi dan gerak murni
Gerak maknawi dan murni
-  Siswa menjelaskan perbedaan gerak maknawi dan murni
Lisan
2 jp
Guru



5.1.2  Menunjukan gerakan maknawi dan murni

-  Siswa menarikan gerakan maknawi dan murni
Unjuk Kerja
2 jp
Guru
7.
Bahawa Jawa








3. Membaca


4. Menulis
3.1.  Membaca pemahaman

4.2.  Meringkas
        bacaan sederhana
3.1.1. Menjelaskan kata-kata sulit dalam bacaan
4.2.1. Menulis pokok-pokok pikiran bacaan
Teks bacaan


Teks bacaan sederhana
Menjelaskan isi bacaan


Menulis secara ringkas cerita yang telah dibaca
Tes tertulis :
PG, isian uraian

Non tes :
Protofolio
2 jp


2 jp
Buku teks / buku penunjang
Buku teks buku penunjang




            Mengetahui                                                                                                                                                                             ..............................., ......................... 2009
            Kepala Sekolah                                                                                                                                                                       Guru Kelas III



            ...........................                                                                                                                                                                     ...............................
            NIP ...................                                                                                                                                                                     NIP .......................

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Nama Sekolah           :
Kelas / Semester         : 3 / 1
Tema                          : Diri Sendiri
Waktu / Minggu        : 26 JP ( Mg – 4 )
Tahun Pelajaran       :

NO
Standar Kompetensi /
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Sumber Belajar
1.
Pkn








1. Mengamalkan makna
    Sumpah Pemuda
1.2.   Mengamlakn nilai-nilai Sumpah Pemuda
 1.2.1.  Menjelaskan cara membina persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah
 1.2.2. Menjelaskan cara membina persatuan dan kesatuan dilingkungan sekolah
 1.2.3.  Menyebutkan
Perilaku yang dapat merusak persatuan dan kesatuan
Sumpah Pemuda
- Menjelaskan cara membina persatuan dan kesatuan dilingkungan rumah


- Menjelaskan cara membina persatuan dan kesatuan



- Mendiskusikan perilaku yang dapat merusak persatuan dan kesatuan
Tes Lisan
2 jp
Buku Pkn kelas 3 yang relevan
2
Bahsa Indonesia










1.1.1., 1.1.2., 1.1.3.
2.1.1., 2.1.2., 2.1.3.
Lemabar soal
Evaluasi
1.1.1. s.d. 1.1.2.
2.1.1. s.d. 2.1.3.
3.1.2. s.d. 3.1.3.
4.1.1. s.d. 4.1.4.
Tes tertulis
2 jp
Bank soal Lembar evaluasi

2. Berbicara Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan
2.1. Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
  2.1.4. Memerankan cerita yang sesuai untuk anak
Cerita
·         Tanya jawan tentang cerita yang pernah didengar
·          Memerankan cerita
Penampilan :
- Keberanian
- Kebenaran
- Keruntutan
- Penghayatan
1 jp
Cerita
NO
Standar Kompetensi /
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Sumber Belajar

memberikan tanggapan / saran
kalimat yang runtut dan mudah dipahami







3  Membaca memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intesif
3.1. Membaca nyaring teks (20-25) kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.1.4.Membacakan cerita kemudian menyusun atau menjawab pertanyaan
Memahami teks cerita dengan membaca nyaring
·         Membaca nyaring teks cerita secara bergantian
·         Menjawab pertanyaan isi cerita
·         Menyimpulkan hasil pembacaan cerita
Penampilan:
- Lafal intunasi
- Kelancaran
- Kesusaian
1 jp
Teks Cerita

4. Menulis Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragaraph dan puisi
4.1. Menyusun paragraph berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
4.1.4.Menyusun
kalimat secara runtut menjadi paragaraph sederhana
Menyusun kalimat menjadi paragraph
·         Mengungkapkan kembali cerita yang pernah dibaca
·         Menyusun kalimat secara runtut menjadi paragraph sederhana kemudian ditulis dengan benar
Tes tertulis
2 jp
Paragraf pendek
3.
Matematika








Bilangan
1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
1.2. Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
  1.2.1. Melakukan penjumlahan tanpa teknin menyimpan
  1.2.2. Melakukan penjumlahan dengan menggunakan teknik menyimpan
  1.2.3. Melakukan pengurangan tanpa menggunakan teknik meminjam
Operasi hitung bilangan
-    Mengerjakan penjumlahan dengan cara bersusun tanpa teknik menyimpan
-    Menjumlahkan bilangan dua angka dengan bilangan dua angka dengan teknik menyimpan

-     Mengurangkan dengan cara bersusun tanpa teknik meminjam
Penugasan



Penugasan





Penugasan
2jp



2 jp





2 jp
Buku kerja siswa


Buku kerja siswa




Kartu angka buku kerja siswa



NO
Standar Kompetensi /
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Sumber Belajar
4
IPA








1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.2. Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
1.2.3.Menggolongkan tumbuhan berdasarkan ciri-cirinya
Ciri dan kebutuhan makhluk hidup
Menggolongkan tumbuhan berdasar cirinya
Penampilan :
Kemapuan mennggolongkan tumbuhan secara lisan
2 jp
Buku IPA kelas 3

1. Memahami ciri-ciri
dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
1.1  Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
1.2  Menggolongkan makhluk hidup secara sedrhana
1.1.1., 1.1.2., 1.1.3.
1.2.1., 1.2.2., 1.2.3
Ciri dan kebutuhan makhluk hidup
Ulangan harian
Tes tertulis
2 jp
Lembar soal
5
IPS








Memahami lingungan dan melaksanakan kerjasama disekitar
Rumah dan sekolah
4.2. Memelihara lingkungan alam dan buatan disekitar rumah
4.2.2. Menceritakan cara-cara memlihara lingkungan alam disekitar rumah
Memelihara lingkungan alam
Menceritakan cara-cara memlihara lingkungan alam di sekitar rumah
Tugas pengamatan
2 jp



2 jp
Lingkungan rumah buku-buku relavan siswa gambar-gambar
4.2.3.Menceritakan cara-cara memlihara lingkungan buatan di sekitar rumah
Memelihara lingkungan buatan
Menceritakan cara-cara memelihara lingkungan buatan disekitar rumah
Tugas pengamatan
6.
Seni Budaya dan Keterampilan








7. Membuat benda yang dapat digerakan oleh angin secara sederhana
7.2. Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas
7.2.1. Menjelaskan cara-cara membuat benda yang dapat digerakan oleh angin dari bahan kertas
Membuat baling-baling dari kertas
- Siswa menjelaskan langkah-langkah membuat-baling-baling dari kertas, bahan serta alat yang diperlukan
Lisan
2 jp
Guru Siswa



NO
Standar Kompetensi /
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Sumber Belajar


7.3. Membuat benda-benda yang dapat digerakan oleh angin dari bahan kertas
7.3.1. Membuat baling-baling dari kertas yang dapat digerakkan oleh angin
Membuat baing-baling dari kertas
- Siswa membuat baling-baling dari kertas sesuai dengan langkah-langkahnya
Unjuk kerja
2jp
Guru Siswa
7.
Bahsa Jawa









1.1., 2.1., 3.1., 4.2.
Evaluasi : 1.1.1., 2.1.1., 3.1.1., 4.2.1.

Mengerjakan soal-soal evaluasi
Tes tertulis atau lisan
2 jp
Buku teks / buku penunjang



            Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   ..........................., ...................... 2009 
Kepala    Sekolah                                                                                                                                                                                                                                                                             Guru Kelas III



            ...........................                                                                                                                                                                                                                                                                                        ........................
NIP .................                                                                                                                                                                                                                                                                                        NIP ................

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan Komentar Anda Untuk Kemajuan Blog ini.