Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Links

Senin, 24 Januari 2011

RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

Senin, 24 Januari 2011
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Tema                           : Diri Sendiri
Kelas / Semester          : III / 1
Alaokasi Waktu          : 4 x 35 menit
Pertemuan                   : 1 Minggu I

Hari ke…
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
1




Matematika




Bahasa Indonesia
1.  Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka.


2.  Mengungkapkan pikiran perasaaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran
1.1  Menentukan letak bilangan pada garis bilangan.


1.2  Menceritakan pengalamana yang mengesanakan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.

-          Membaca bilangan sampai 5000



-          Menceritakan pengalaman yang mengesankan tentang keguiatan sehari-hari

A.    Tujuan Pembelajaran
  1. Melalui siswa dapat membaca bilangan sampai 5000
  2. Melalui penugasan siswa dapat membaca bilangan sampai 5000
  3. Siswa dapat menceritakan pengalaman sehari-hari yang mengesankan di depan kelas
B.     Materi Ajar
1.      Matematika : Membaca bilangan sampai 5000
2.      Bahasa Indonesia : Menceritakan pengalaman yang mengesankan tentang kegiatan sehari-hari
C.    Pendekatan / Metode
Pendekatan
-          Pakem
-          Kooperatif
-          Tematik
Metode
-          Demonstrasi
-          Penugasan
-          Tanya jawab
D.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Guru  memeriksa kesiapan siswa.
·         Guru menanyakan kepada siswa tentang kegiatan yang dilakukan siswa di rumah setelah bangun tidur.
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi:
·         Guru memperlihatkan kartu  bilangan.
·         Siswa menyebutkan bilangan yang tertera dikartu bilangan
·         Guru memberikan tanya jawab tentang kegiatan yang menyenangkan yang pernah dialami siswa.
·         Siswa menceritakan pengalaman yang mengesankan di depan kelas.
Elaborasi
·         Guru membagikan lembar tugas, siswa menyelesaikan lembar tuga.
·         Guru menilai lembar tugas hasil pekerjaan siswa.
·         Kepada siswa yang nilainya kurang, guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan ulang.
Konfirmasi
·         Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
3.      Kegiatan Penutup
·         Guru dan siswa merefleksi kembali pelajaran yang dialami.
·         Guru menyampaikan pesan bermakna dari pengalaman yang dialami.

E.     Penilaian Hasil Belajar
1.      Matematika
Penilaian lisan
Siswa membaca bilangan kartu bilangan
Penilaian tertulis
Siswa diminta menyelesaikan lembar portofolio

Lembar Portofolio
I.       Tulis lambang bilangan berikut ini!
1.      Lima ratus delapan = ….
2.      Sembilan ratus lima puluh = ….
3.      Dua ratus empat puluh tujuh = ….
4.      Seribu dua ratus lima = ….
5.      Dua ribu tujuh ratus tiga puluh lima = ….
6.      Tiga ribu seratus sebelas=….
7.      Seribu sembilan ratus  enam puluh =…
8.      Empat ribu tujuh  belas=….
9.      Dua ribu tujuh ratus =….
10.  Empat ribu sembilan ratus dua puluh=…..
II.    Tulis nama bilangan yang tepat!
No
Lambang Bilangan
Nama Bilangan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
1008
1016
2345
3452
4523
1785
2902
4017
3459
4002
….
….
….
….
….
….
….
….
….
….

2.      Bahasa Indonesia
a.       Penilaian lisan
Siswa menceritakan secara lisan pengalaman yang mengesankan.
Aspek penilaian
No
Aspek yang dinilai
Skor
Skor maksimal
Kurang
Cukup
Baik
1.
2.
3.
Pengucapan
Intonasi
Ekspresi 
1-10
1-15
1-5
11-20
16-26
6-13
21-30
27-40
14-20
30
40
20
Skor Nilai :
I = 10
II = 10/20 : 2 = 10
Kunci jawaban :
I.                   Menuliskan lambang bilangan
Lima ratus delapan = 508
Sembilan ratus lima puluh = 950
Dua ratus empat puluh tujuh = 247
Seribu dua ratus lima = 1205
Dua ribu tujuh ratus tiga puluh lima = 2735
Tiga ribu seratus sebelas=3111
Seribu sembilan ratus  enam puluh =1916
Empat ribu tujuh  belas=4017
Dua ribu tujuh ratus =2700
Empat ribu sembilan ratus dua puluh=4920
II.                Menuliskan nama bilangan
1008 : seribu delapan
1016 : seribu enam belas
2345 : dua ribu empat puluh lima
3452 : tiga ribu empat ratus lima puluh dua
4523 : empat ribu lima ratus dua puluh tiga
1785 : seribu tujuh ratus delapan puluh lima
3459 : tiga ribu empat ratus lima puluh sembilan
4002 : empat ribu dua

F.     Sumber Belajar
1.      Buku Matematika Kelas III
2.      Kartu bilangan
3.      Buku Bahasa Indonesia Kelas III
4.      Cerita siswa
5.      Gambar kegiatan sehari-hari


Mengetahui                                                                 Yogyakarta,…………
Kepala Sekolah                                                           Guru  kelas


(………………………)                                              (…………………………)














RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Tema                           : Diri Sendiri
Kelas / Semester          : III / 1
Alaokasi Waktu          : 4x 35 menit
Pertemuan                   : 2 Minggu ke I
Hari ke
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
2
Pkn



Bahasa Indonesia
1.     Mengamalkan makna sumpah Pemuda.

2.      Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.


3.      Membaca teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
1.1  Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

2.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.



3.1 Membaca nyaring teks (20-25) kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat.


-          Mengidentifikasi keragaman suku bangsa.

-          Melengkapi percakapan melalui telepon
-          Menjelaskan cara menggunakan telepon

-          Membaca nyaring teks dengan lafal dan intonasi yang tepat.

A.    Tujuan Pembelajaran
  1. Melakukan penjelasan guru siswa dapat mengucapkan sumpah Pemuda.
  2. Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi keragaman suku bangsa.
  3. Melalui penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia.
  4. Melalui penjelasan, guru siswa dapat mengetahui penggunaan telepon yang benar.
  5. Melalui penugasan, dapat mengetahui cara menggunakan telepon yang benar.

B.     Materi Ajar
1.      PKn
-          Mengidentifikasi keragaman suku bangsa.
-          Menjelaskan pentingnya persatauan dan kesatuan
2.      Bahasa Indonesia
-          Percakapan melalui telepon.
-          Membaca nyaring

C.    Pendekatan / Metode
Pendekatan
-          Pakem
-          Kooperatif
-          Tematik
Metode
-          Ceramah
-          Demonstrasi
-          Penugasan
-          Tanya jawab

D.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
-          Guru memberikan memeriksa kesiapan anak
-          Guru menanyakan asal-usul / kelahiran
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi :
-          Guru bertanya kepada siswa tentang keragaman yang ada di kelas
-          Guru menjelaskan keanekaragaman suku bangsa yang ada di Indonesia.
Elaborasi :
-          Guru menuliskan teks Sumpah Pemuda di papan tulis
-          Guru membacakan teks Sumpah Pemuda bersama siswa dengan nyaring
-          Guru menjelaskan makna teks Sumpah Pemuda hubungannya dengan persatuan dan kesatuan.
-          Siswa memperagakan cara bertelepon berpasangan dengan temannya.
-          Guru menilai kegiatan bertelepon
-          Guru membagikan lembar tugas portofolio, siswa menyelesaikan lembar tugas.
Konfirmasi
-          Guru bersama siswa membuat kesimpulan atas pelajaran yang telah dipelajari
3.      Kegiatan Penutup
-          Guru dan siswa merefleksi kembali pelajaran ayang telah dialami.
-          Guru menyampaikan tentang pentingnya persatuan dan kesatuan
-          Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
E.     Penilaian Hasil Belajar
1.      PKn
Penilaian Tertulis
Siswa menjawab lembar tugas portofolio yang dibagikan
(1)   Menurut pendapatnya, siapakah yang dimaksud Putra dan Putri pada naskah Sumpah Pemuda di atas ?
(2)   Apa yang dimaksud dengan bahasa persatuan ?
(3)   Kapan Sumpah Pemuda diucapkan ?
(4)   Menurut pendapatmu, apakah para pemuda waktu itu memiliki bangsa yang berbeda-beda ?
(5)   Apakah pada Konggres Pemuda yang pertama Sumpah Pemuda  ini diucapkan?
Skor 1 nomer nilai 2
Jadi 2 x 5 = 10
2.      Bahasa Indonesia
Penilaian penampilan
No
Aspek yang dinilai
Skor
Skor maksimal
Kurang
Cukup
Baik
1.
2.
3.
Pengucapan
Intonasi
Ekspresi 
1-10
1-15
1-5
11-20
16-26
6-13
21-30
27-40
14-20
30
40
20
Skor Nilai :
I = 10
II = 10/20 : 2 = 10

Kunci jawaban :
1. Yang dimaksud sebagai putra dan putri Indonesia adalah seluruh warga negara Indonesia
2. Yang dimaksud dengan bahasa persatuan adalah bahasa Indonesia, yang dapat menyatukan seluruh bangsa Indonesia yang memiliki keanekaragaman bahasa dan budaya
3.Sumpah pemuda dibacakan pertama kali ketika konggres pemuda ke 2, yaitu 28 Oktober 1928
4. Pada saat itu pemuda Indonesia memiliki satu bangga, namun belum tumbuh rasa persatuan
5. Pada konggres pemuda I sumpah pemuda tidak diucapkan
F.      Sumber Belajar
1.      Buku PKN Kelas III
2.      Teks Sumpah Pemuda
3.      Lingkungan kelas
4.      Peta Indonesia
5.      Buku Bahasa Indonesia Kelas III
6.      Lagu Satu Nusa Satu Bangsa





Mengetahui                                                                 Yogyakarta,…………
Kepala Sekolah                                                           Guru  kelas


(………………………)                                              (…………………………)
























RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

Tema                           : Diri Sendiri
Kelas / Semester          : III / I
Alokasi Waktu            : 4 x 35 menit
Pertemuan ke              : 3

Hari Ke
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3
PKn
1.    Mengenal makna sumpah pemuda
1.1. Mengenal makna satu nusa, satu bangsa dan saru bahasa
-   Mengidentifikasi keragaman budaya bangsa
-   Mengidentifikasi adat istiadat di masyarakat sekitar
-   Menjelaskan cara menghargai keragaman yang ada

Bahasa Indonesia
Berbicara
2.   Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan atau saran

2.1. Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami

-          Menceritakan pengalaman yang menarik di depan kelas


Membaca
3.          Memahami teks

3.1. Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat

-   Membaca bacaan dan menyatakan pendapat atau perasaan


A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui pengamatan gambar, siswa dapat mengidentifikasi keragaman suku bangsa
2.      Melalui pengamatan gambar, siswa dapat mengidentifikasi adat istiadat di masyarakat sekitar
3.      Melalui penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan cara menghargai keragaman yang ada
4.      Melalui pengalaman yang dialami siswa
5.      Siswa dapat menceritakan pengalaman yang menarik di depan kelas melalui penuhasan
6.      Siswa dapat membaca bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat

B.     Materi Pembelajaran
-   Mengidentifikasi keragaman budaya bangsa
-   Mengidentifikasi adat istiadat di masyarakat sekitar
-   Menjelaskan cara menghargai keragaman yang ada
-   Menceritakan pengalaman yang menarik di depan kelas
-   Membaca bacaan dan menyatakan pendapat atau perasaan

C.     Pendekatan Metode
Pendekatan           :
-          Pakem
-          Kooperatif
-     Tematik

Metode                  :
-          Ceramah bervariasi
-          Tanya jawab
-          Penugasan
-          Unjuk kerja siswa

D.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
-          Guru memeriksa kesiapan siswa
-          Guru menanyakan suku bangsa yang diketahui siswa
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi :
-          Guru menjelaskan keanekaragaman suku bangsa yang ada di Indonesia
-          Guru menjelaskan adat istiadat yang ada di masyarakat sekitar
-          Tanya jawab guru dan siswa, bagaimana cara menghargai keragaman yang ada
Elaborasi
-          Siswa membaca bacaan dengan lafal dan intonasi yang jelas
-          Guru membagikan lembar tugas portofolio, siswa menyelesaikan lembar tugas
-          Guru melakukan penilaian. Bagi siswa yang nilainya masih kurang, mengerjakan ulang tugas tersebut
Konfirmasi
-          Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang tela dipelajari
-          Guru memberi kesempatan bagi siswa untuk bertanya
3.      Kegiatan Penutup
-          Guru dan siswa merefleksikan kembali pelajaran yang telah dialami
-          Guru menyampaikan pesan agar kita menjaga persatuan dan kesatuan

E.     Penilaian Hasil Belajar
1.      PKn
Penilaian Tertulis
Siswa menjawab lembar tugas portofolio yang dibagikan
2.      Bahasa Indonesia
Lisan

LEMBAR KERJA
PKn
Isilah titik-titik di bawah ini!
1.      Bangsa kita terdiri dari banyak suku….
2.      Sebutkan adat istiadat yang ada di Jawa!
3.      Perlukah persatuan untuk bangsa kita?
4.      Jika kita bersatu maka negara menjadi….
5.      Beri contoh cara menghargai keragaman suku bangsa….
Scor Nilai : 5 x 2 = 10

Bahasa Indonesia
1.      Siswa menceritakan pengalaman yang menarik
2.      Lembar kerja
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sesuai bacaan disesuaikan dengan bacaan
Kunci jawaban
  1. Suku budaya
  2. Sekaten, mitoni, tedhak siti
  3. Perlu, agar bangsa kita menjadi bangsa yang kokoh
  4. Menjadi kuat
  5. Tidak menjelek-jelekkan suku lain, menghormati berbedaan dari suku lain.

Mengetahui                                                                 Yogyakarta,…………
Kepala Sekolah                                                           Guru  kelas

(………………………)                                              (…………………………)

RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

Tema                           : Diri Sendiri
Kelas / Semester          : III / I
Alokasi Waktu            : 4 x 35 menit
Pertemuan                   : 1

Hari Ke
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
1
Matematika
-        Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
1.1. Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
-   Membandingkan dan mengurutkan antar bilangan

Bahasa Indonesia
Mendengarkan
-        Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan

1.1. Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan

-          Menyebutkan nama tokoh dalam cerita

A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui penjelasan guru, siswa dapat mengurutkan, membandingkan bilangan dan menentukan posisinya pada garis bilangan
2.      Melalui penugasan, siswa dapat mengurutkan, membandingkan bilangan dan menentukan posisinya pada garis bilangan
3.      Melalui mendengar cewrita guru, siswa dapat menyebutkan nama-nama tokoh dan sifatnya dalam cerita



B.     Materi Ajar
-          Membandingkan dan mengurutkan antar bilangan
-          Menyebutkan nama tokoh dalam cerita
C.     Pendekatan / Metode
Pendekatan :
-          Pakem
-          Kooperatif
-     Tematik

Metode :
-          Ceramah bervariasi
-          Diskusi
-          Tanya jawab
-          Penugasan

D.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.       Guru memberi memeriksa kesiapan siswa
b.      Guru mengajak siswa bermain, menghitung kerikil yang dibawa
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
a.       Guru menuliskan bilangan yang ditulis acak
b.      Siswa membandingkan bilangan yang sudah ditulis dengan memberikan tanda perbandingan
c.       Siswa meletakkan bilangan yang ditulis acak pada garis bilangan
Elaborasi
d.      Guru membaca bacaan dengan judul di Toko Buku, Sumber Bina Bahasa dan 2004 Sastra Indonesia, Erlangga 2004 hal 10 – 12
e.       Tanya jawab guru dan siswa mengenai bacaan tersebut
f.       Guru membentuk kelompok dan membagikan lembar tugas
g.      Siswa mengerjakan tugas secara berkelompok
h.      Siswa membacakan hasil diskusi kelompok
i.        Guru menilai lembar tugas siswa
j.        Kepada siswa yang nilainya kurang, guru memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan ulang
k.       
l.        Guru bersama siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari

3.      Kegiatan Penutup
a.       Guru merefleksi hasil kerja siswa
b.      Guru memberi pesan kepada siswa agar rajin membaca buku karena buku adalah jendela ilmu

E.     Penilaian Hasil Belajar
1.      Matematika
Penilaian tertulis
-          Siswa diminta menyelesaikan lembar portofolio

Lembar Porto Folio
I.                   Buatlah garis bilangan yang membuat bilangan-bilangan di bawah ini!
1.      1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10
2.      101, 102, 103, 104, 105, 106, 107, 108, 109, 110
3.      115, 116, 117, 118, 119, 120, 121, 122, 123, 124

II.                Isilah dengan bilangan yang tepat pada garis bilangan





















 

10        11                    13        14                    16













 

            105                              108      109


           

Penilaian Matematika = I.      II. Masing-masing kotak nilainya 1 = 10

III.             Lembar Kerja Bahasa Indonesia
1.      Sebutkan nama tokoh dalam cerita!
Jawab : ….
2.      Apa sisi cerita diatas? Coba jelaskan!
3.      Jelaskan sifat tokoh-tokoh dalam cerita tersebut bersama kelompokmu
Jawab :

Penilaian :
Skor no. 1        Nilai  3
Scor no : 2       Nilai  3
Scor no. : 3      Nilai  4
Jumlah                     10

IV.             Sumber Belajar
1.      Buku Matematika
2.      Buku Bahasa Indonesia
3.      Guru
4.      Lingkungan Kelas


Mengetahui                                                                 Yogyakarta,…………
Kepala Sekolah                                                           Guru  kelas


(………………………)                                              (…………………………)




RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

Tema                           : Diri Sendiri
Kelas / Semester          : III / 1
Alokasi Waktu            : 4 x 35 menit
Pertemuan                   : 3

Hari ke
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3
Matematika




IPA
1.      Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka.


1.      Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.
1.1  Menentukan letak bilangan pada garis bilangan.

Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
-          Menentukan letak bilangan pada garis bilangan.


-          Menyebutkan perubahan yang terjadi pada tubuh manusia dan tumbuhan melalui pengamatan gambar.

A.    Tujuan Pembelajaran
  1. Melalui penjelasan guru, siswa dapat menentukan letak bilangan pada garis bilangan.
  2. Melalui penugasan, siswa dapat menyelesaikan soal garis bilangan.
  3. Melalui pengamatan gambar, siswa dapat menyebutkan perubahan yang terjadi pada tubuh makhluk hidup.



B.     Materi Ajar
  1. Matematika
-          Menentukan letak bilangan pada garis bilangan.
  1. IPA
-          Menyebutkan perubahan yang terjadi pada tubuh manusia dan tumbuhan melalui pengamatan gambar.

C.     Pendekatan / Metode
Pendekatan  :
-          Pakem
-          Kooperatif
-     Tematik

Metode:
-          Pengamatan
-          Ceramah bervariasi
-          Tanya jawab

D.    Kegiatan Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
-          Guru memberikan amemeriksa kesiapan siswa.
-          Guru menanyakan anggota keluarga yang ada di rumah masing-masing.
  1. Kegiatan Inti
Eksplorasi :
-          Guru menjelaskan cara membuat garis bilangan.
-          Siswa membuat garis bilangan.
-          Tanya jawab guru dan siswa tentang letak bilangan pada garis bilangan.
-          Guru menanyakan kembali anggota keluarga (kakek-nenek, ayah-ibu, kakak, adik).
-          Tanya jawab guru dan siswa tentang keadaan fisik tiap anggota keluarga seperti: umur, tinggi badan, besar badan, dll. Jika punya adik bayi, apa yang dapat dilakukannya
Elaborasi :
-          Guru membagikan lembar tugas.
-          Siswa mengerjakan tugas dari guru
-          Guru dan siswa membahas dan menilai hasil pekerjaan siswa.
-          Siswa yang mendapat nilai kurang, mengerjakan ulang.
Konfirmasi :
-          Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari
-          Guru memberi kesempatan bagi siswa untuk bertanya

  1. Kegiatan Penutup
-          Guru dan siswa merefleksi kembali pelajaran yang telah dialami.
-          Guru menyampaikan pesan agar siswa merawat tanaman yang ada di rumah.

E.     Penilaian Hasil Belajar
-          Isilah titik pada garis bilangan di bawah ini dengan bilangan yang tepat!


 

1102      1103        1104      …..        ….         ….         ….       1109


 

2051      ….           ….         ….         2055      ….         ….       2058


 

3100      ….           ….         3103      ….         ….         3106    ….


 

4273      ….           ….         ….         4277      ….         ….       ….

Skor Nilai = = 10 Tiap jawaban nilai 1

-          Isilah tabel berikut ini sesuai dengan keadaan keluarga masing-masing!
No
Nama anggota keluarga
Umur
Tinggi badan
Berat badan
1.
2.
3.
4.
Ayah
Ibu
Kakak
Adik
Skor menilai    A = Baik sekali (tepat waktu)
                        B = Baik
                        C = cukup

F.      Sumber Belajar
1.      Buku Matematika
2.      Buku IPA
3.      Lingkungan sekitar
4.      Gambar pertumbuhan tanaman
5.      Siswa

Kunci jawaban


 

1102      1103        1104      1105      1106      1107      1108    1109


 

2051      2052        2053.     2054      2055      2056      2057    2058


 

3100      3101        3102      3103      3104      3105      3106    3107


 

4273      4274        4275      4276     4277       4278     4279     4280


Mengetahui                                                                 Yogyakarta,…………
Kepala Sekolah                                                           Guru  kelas


(………………………)                                              (…………………………)
























RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

Tema                           : Diri Sendiri
Kelas / Semester          : III / 1
Alokasi Waktu            : 4 x 35 menit
Pertemuan                   : 4
Hari ke
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
4
Matematika




IPS
1.      Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka.


1.      Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.
Menentukan letak bilangan pada garis bilangan.

Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
-          Menentukan letak bilangan pada garis bilangan.


-          Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar sekolah sendiri.

A.    Tujuan Pembalajaran
  1. Melalui penjelasan guru, siswa dapat menentukan letak bilangan pada garis bilangan.
  2. Melalui penugasan, siswa dapat menyelesaikan soal garis bilangan
  3. Melalui pengamatan terhadap lingkungan sekitar, siswa dapat menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar sekolah.

B.     Materi Ajar
  1. Matematika
-          Menentukan letak bilangan pada garis bilangan.

  1. IPS
-          Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar sekolah sendiri.

C.     Pendekatan / Metode
Pendekataan  :
-          Pakem
-          Kooperatif
-     Tematik
Metode :
-          Pengamatan
-          Ceramah bervariasi
-          Tanya jawab

D.    Kegiatan Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
-          Guru memberikan memeriksa kesiapan siswa
-          Guru mengajak siswa mengamati lingkungan sekitar.
  1. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru menggali pengetahuan awal siswa
-          Guru menjelaskan cara membuat garis bilangan
-          Siswa membuat garis bilangan.
-          Tanya jawab dan siswa tentang bilangan pada garis bilangan.
Elaborasi
-          Guru membentuk kelompok diskusi siswa
-          Guru menjelaskan ulang tentang lingkungan alama dan buatan
-          Guru membagikan lembar tugas kepada siswa
-          Siswa menyelesaikan soal di dalam lembar tugas.
Konfirmasi
-          Guru dan siswa membahas dan menilaui hasil pekerjaan siswa
-          Siswa mendapat nilai kurang, mengerjakan ulang.
-          Tanya jawan unsur lingkungan alam dan buatan
-          Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang materi yang dipelajari
  1. Kegiatan Penutup
-          Guru dan siswa merefleksi kembali pelajaran yang telah dialami.
-          Guru menyampaikan pesan agar siswa menjaga kelestarian lingkungan sekitar.
E.     Penilaian Hasil Belajar
-          Buatlah pada garis bilangan dengan bilangan seperti berikut ini.
1.      1186 – 1196
2.      1196 – 1206
3.      2541 – 2551
4.      2750 – 2760
5.      3125 – 3135
Skor nilai tiap satu nomor 10 jadi 5 x 10 = 50/5 = 10
-          Istilah tabel berikut ini
No
Ketampakan
Alam
Buatan
Perlakuan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
Sawah
Sungai
Gunung
Jalan raya
Gedung sekolah
Pabrik
Laut
Hutan
Bandara
Sekolahan

Menggarapnya dengan baik

Skor nilai tiap jawaban benar nilai = 10 x 1 = 10
F.      Sumber Belajar
  1. Buku Matematika
  2. Buku IPS
  3. Lingkungan sekitar
  4. Guru
  5. Gambar garis bilangan
Kunci jawaban
1
                1186    1187   1188   1189   1190   1191  1192  1193  1194  1195  1196
2
                1196  1197  1198  1199  1200  1201  1202  1203  1204  1205  1206
3
               2541  2542  2543  2544  2545  2546  2546  2547  2548  2549 2550  2551
4
              2750  2751  2752  2753  2754  2755  2756  2757  2758  2759  2760
5
              2125  2126  2127  2128  2129  2130  2131  2132  2133  2134  2135


No
Ketampakan
Alam
Buatan
Perlakuan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
Sawah
Sungai
Gunung
Jalan raya
Gedung sekolah
Pabrik
Laut
Hutan
Bandara
Sekolahan











Menggarapnya dengan baik
Menjaga kebersihannya
Menjaga kelestariannya
Tertib  dalam menggunakan
Menjaga kebersihan
Menjaga kebersihan
Menjaga kelestariannya
Menjaga kelestariannya
Menjaga kebersihannya
Menjaga kebersihannya




Mengetahui                                                                 Yogyakarta,…………
Kepala Sekolah                                                           Guru  kelas


(………………………)                                              (…………………………)

























RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

Tema                           : Diri Sendiri
Kelas / Semester          : III / 1
Alokasi Waktu            : 4 x 35 menit
Pertemuan                   : 5
Hari ke
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
5
Bahasa Indonesia





IPA
Menulis
4.      Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi.

1.      Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.
Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan.


Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
-          Menggunakan huruf kapital secara tepat dalam kalimat.




-          Mengidentifikasi kebutuhan tumbuhan untuk mempertahankan hidupnya.

A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui penjelasan guru, siswa dapat menggunakan huruf kapital secara tepat dalam kalimat.
2.      Melalui pengamatan, siswa dapat menjelaskan kebutuhan tumbuhan untuk mempertahankan hidupnya.
3.      Melalui praktek, siswa dapat menerapkan cara memelihara tumbuhan.


B.     Materi Ajar
  1. Bahasa Indonesia
-          Menggunakan huruf kapital secara tepat dalam kalimat.
  1. IPA
-          Mengidentifikasi kebutuhan tumbuhan untuk mempertahankan hidupnya.

C.     Pendekatan / Metode
Peandekatan :
-          Pakem
-          Kooperatif
-     Tematik

Metode
-          Penugasan
-          Pengamatan
-          Ceramah bervariasi
-          Tanya jawab

D.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan / eksplorasi
-          Guru memberikan memeriksa kesiapan siswa
-          Siswa mengamati lingkungan sekitar
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru menanyakan penggunaan huruf kapital yang sudah diketahui siswa
Elaborasi
-          Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pennggunaan huruf kapital
-          Guru meminta siswa membuat suatu kalimat dan menuliskannya di papan tulis
-          Guru menanyakan kepada siswa, huruf mana yang harus menggunakan huruf kapital.
-          Guru membagikan lembar tugas.
-          Siswa mengerjakan tugas dari guru
Konfirmasi
-          Guru bersama siswa membaahas kembali materi yang telah dipelajari
-          Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang pelajaran yang telah dipelajari
  1. Kegiatan Penutup
-          Guru dan siswa merefleksi kembali pelajaran yang telah dipahami.
-          Guru menyampaikan pesan kepada siswa untuk merawat tanaman dengan baik.

E.     Penilaian Hasil Belajar
-          Perbaiki penilaian tanda baca dan huruf kapital pada kalimat di bawah ini! Salin dengan huruf tegak bersambung
1.      pak amrin sedang bekerja di ladang.
2.      nenek fatimah fasih berbahasa arab.
3.      kapal layar itu berlayar menuju negara kanada.
4.      ayah berangkat kekantor naik mobi.
5.      ibu menengok saudara di rumah sakit pantirapih.
Skor tiap 1 nomor nilai 2 jika betul = 2 x 5 = 10
-          LKS. Tuliskan bagaimana cara menanamkan cabai dengan benar.
Skor nilai jika benar nilai 10

F.      Sumber / Alat
1.      Buku Bahasa Indonesia
2.      Buku IPA
3.      Lingkungan sekitar
4.      Biji cabai
5.      Tanah/kompos/pupuk
6.      Pot

Kunci jawaban :
  1. Pak Amrin sedang bekerja di ladang.
  2. Nenek Fatimah fasih berbahasa Arab.
  3. Kapal layar itu berlayar menuju negara Kanada.
  4. Ayah berangkat ke kantor naik mobil.
  5. Ibu menengok saudara di rumah sakit Panti Rapih.



Mengetahui                                                                 Yogyakarta,…………
Kepala Sekolah                                                           Guru  kelas


(………………………)                                              (…………………………)

















RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK


                                    Tema                           : Diri Sendiri
                                    Kelas/Semester            : III/ I
                                    Alokasi Waktu            : 4 x 35 menit
                                    Pertemuan                   : 6 Minggu ke II


Hari ke
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
6
IPS





SBK
1.Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

3.Mengekspresikan karya seni musik
1.1 Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah


3.1 Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu sederhana
Menceritakan lingkungan alam dan buatan di lingkungan sekolah sendiri


    1. Memilih simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
    2. Mengatur berbagai simbol nada dalam lagu sederhana
    3. Memberi simbol dalam seni tari






A.Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui penjelasan guru, siswa dapat membedakan lingkungan sekitar menjadi dua
2.      Melalui pengamatan siswa dapat menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar sekolah
3.      Melalui penjelasan guru, siswa dapat;
Seni rupa ; memilih simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
Seni musik; mengatur berbagai simbol nada dalam lagu sederhana
Seni tari; memberi simbol dalam seni tari

B. Materi Ajar
1. IPS
Menceritakan lingkungan alam dan buatan di lingkungan sekolah sendiri
2.      SBK
Memilih simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
Mengatur berbagai simbol nada dalam lagu sederhana
Memberi simbol dalam seni tari

C. Pendekatan / Metode
Pendekatan :
-          Pakem
-          Kooperatif
-     Tematik
Metode
-          Penugasan
-          Pengamatan
-          Ceramah bervariasi
-          Tanya jawab



D. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
- Guru memeriksa kesiapan siswa
- Guru mengajak siswa mengamati lingkungan sekitar
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Guru menggali pengetahuan awal siswa
- Guru menjelaskan unsur lingkungan alam dan buatan
Elaborasi
- Guru memberikan lembar tugas pada siswa
- Siswa menyelesaikan lembar tugas dari guru
- Guru memberi contoh gambar dekoratif, siswa mencontoh
- Guru memberi contoh simbol nada pada huruf balok
- Guru memberikan contoh gerakan tari sederhana, siswa menirukan
Konfirmasi
- Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang materi yanng dipelajari
- Guru memberi kesmpatan bagi siswa untuk bertanya 
3. Kegiatan Akhir
- Penilaian hasil kerjasama
- Guru memberi nasehat agar siswa menjaga kelestarian alam dan buatan
- Guru memberi nasehat agar siswa terus berkreasi

E. Penilaian
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.      Sebutkan dan jelaskan dua bentuk lingkungan!
2.      Sebutkan lingkungan alam yang ada di sekitarmu1
3.      Sebutkan lingkungan buatan yang ada di sekitarmu!
4.      Jelaskan bagaimana kondisi lingkungan di sekitarmu!
5.      Sebutkan cara-cara yang dapat digunakan untuk menjaga lingkungan alam dan buatan !
Skor setiap soal 2, jika benar semua maka skor total adalah 10

F.      Sumber Belajar
-          Buku IPS
-          Buku SBK
-          Lingkungan alam dan buatan
-          Contoh gambar dekoratif
-          Huruf balok

Kunci jawaban
1.      2 bentuk lingkungan ; lingkungan alam: lingkungan yang terbentuk secara alami, dan lingkungan buatan: lingkungan yang sengaja dibuat oleh manusia
2.      Lingkungan alam di sekitar kita : sungai, gunung, laut, lembah, rawa, danau
3.      Lingkungan buatan di sekitar kita ; waduk, bandara, sekolah, sawah, perkebunan
4.      Kondisi lingkungan di sekitar rumah; ada beberapa lingkungan yang kurang terawat seperti sungai yang banyak sampah
5.      Cara menjaga lingkungan; membuang sampah di tempatnya, mengadakan rebisasi,



Mengetahui                                                                 Yogyakarta,…………
Kepala Sekolah                                                           Guru  kelas


(………………………)                                              (…………………………)




RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
                                    Tema                           : Diri Sendiri
                                    Kelas/Semester            : III/ I
                                    Alokasi Waktu            : 4 Jp
                                    Pertemuan                   :I Minggu ke III

Hari ke
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
1
Matematika




Bahasa Indonesia
Bilangan
1.Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka


1.Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan

2.Berbicara
Mengungkapkan perasaan, pikiran, pengalaman, dan petunjuk, dengan berceritadan memberikan tanggapan/ saran

1.1  Menentukan letak bilangan pada garis bilangan


1.1  melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan


2.1  menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtutdan mudah dipahami


Membilang loncat dua bilangan pada garis bilangan


Bermain dengan menggunakan denah untuk mencari tempat tertentu sesuai petunjuk


Melengkapi cerita dan urutan yang logis dan bermakna



 A. Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui penjelasan guru, siswa dapat membilang loncat dua bilangan pada garis bilangan
2.       Melalui latihan dan penugasan siswa dapat membilang loncat dua bilangan pada garis bilangan
3.      Melalui penjelasan, siswa dapat menunjukkan suatu tempat pada denah sesuai petunjuk
4.      Melalui pengamatan, siswa dapat melengkapi cerita dengan urutan yang logis dan bermakna
  1. Materi Ajar
1.      Matematika
Membilang loncat dua bilangan pada garis bilangan
2.      Bahasa Indonesia
Bermain dengan menggunakan denahuntuk mencari tempat tertentu sesuai petunjuk
Melengkapi cerita dan urutan yang logis dan bermakna
  1. Pendekatan / Metode
Pendekatan :
-          Pakem
-          Kooperatif
-     Tematik
Metode
-          Penugasan
-          Pengamatan
-          Ceramah bervariasi
-          Tanya jawab

  1. Kegiatan Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
-          Guru memeriksa kesiapan siswaa
-          Siswa mengamati garis bilangan yang digambarkan oleh guru
-          Siswa mengamati gambar denah kelas
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
-           Guru menggali pengetahuan awal siswa
-          Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bilangan loncat pada garis bilangan
            Elaborasi
-          Guru membagikan lembar tugas siswa
-          Siswa mengerjakan tugas.
-          Guru menerangkan cara membuat denah
-          Guru membagikan lembar tugas berisi gambar denah
-          Siswa menjelaskan cara menunjukkan suatu tempat pada denah
-          Siswa menyusun cerita sesuai gambar dengan urutan yang logis
            Konfirmasi
-          Guru bersama siswa mengulas kembali materi yang telah dipelajari
-          Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari
  1. Kegiatan Penutup
-          Guru dan siswa merefleksi kembali pelajaran yang telah dipahami.
-          Guru menyampaikan pesan kepada siswa untuk merawat tanaman dengan baik.

  1. Penilaian Hasil Belajar
Isilah titik pada garis bilangan di bawah ini dengan bilangan yang tepat!


 

123         125        127       ........      ........    .......   .........  .........


 

........       ........       ........    .........     ........     445      447   449


 

134          136        ........    ..........  .........      144   .......     .......


 

......            ......      ........    .........   ........    222      224      226

 

........          ......      .......     333      335      337      .......     ......
Skor setiap soal 2, jika benar semua maka skor 10

Lengkapilah cerita di bawah ini dengan kata yang tersedia, sehingga menjadi cerita yang benar!
Pagi itu aku diajak ibu pergi ke ......... untuk membeli sayuran yang akan dijual. Aku dan ibu pergi ke pasar naik........... Rumah kami memang tidak begitu jauh dari pasar, maka kami sampai pasar dengan cepat. Sesampainya di pasar ibu segera membeli ........ yang akan dijual ibu di warung kami. Harga sayuran di pasar memang ......... tidak semahal kalau di supermarket. Di pasar sangat ramai, banyak ................ yang sibuk menawarkan barang dagangannya. Setelah ibu selesai berbelanja, ibu menawariku untuk membeli sepatu, karena sepatu untuk sekolah memang sudah rusak. Ketika pulang dari pasar kami mampir toko sepatu untuk membeli sepatu baru untukku

Pasar
Sayuran
Ramai
Murah
Pedagang
Senang
becak

  1. Sumber / Alat
3.      Buku Bahasa Indonesia
4.      Buku matematika
5.      Gambar denah
6.      Gambar garis bilangan
7.      Gambar cerita


Kunci jawaban


 

123         125        127       129     131    133    135   137


 

435     437       439   441     443       445     447    449


 

134          136        138      140     142      144       146      148


 

212            214      216      218      220      222      224      226

 

327            329      331      333      335      337      339      341

Pagi itu aku diajak ibu pergi ke pasar untuk membeli sayuran yang akan dijual. Aku dan ibu pergi ke pasar naik becak.Rumah kami memang tidak begitu jauh dari pasar, maka kami sampai pasar dengan cepat. Sesampainya di pasar ibu segera membeli sayuran yang akan dijual ibu di warung kami. Harga sayuran di pasar memang murah tidak semahal kalau di supermarket. Di pasar sangat ramai, banyak pedagang yang sibuk menawarkan barang dagangannya. Setelah ibu selesai berbelanja, ibu menawariku untuk membeli sepatu, karena sepatu untuk sekolah memang sudah rusak. Ketika pulang dari pasar kami mampir toko sepatu untuk membeli sepatu baru untukku













Mengetahui                                                                 Yogyakarta,…………
Kepala Sekolah                                                           Guru  kelas

(………………………)                                              (…………………………)




0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan Komentar Anda Untuk Kemajuan Blog ini.